oleh

Bioreaktor Kapal Selam, Pikat Hati Kades se Pemalang

Pati Jateng redaksidaerah.com Terpikat dengan pengolahan sampah secara efektif dengan mesin Bio Reaktor “Kapal Selam”, Rombongan dari Kepala Desa se Kabupaten Pemalang Jawa Tengah mengunjungi Bumdes “Kusuma Abadi” Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Rabu, 23 Desember 2020.

Lokasi Bio Reaktor “Kapal Selam” yang dikelola Bumdes tersebut berada hanya sepelemparan batu dari Komplek Pasar Buah Desa Ngemplak Kidul, berjarak 18 kilo meter utara dari pusat Kota Pati.

Rombongan Kades se Pemalang itu langsung di sambut ramah Ketua Bumdes “Kusuma Abadi” Sukmono. Ia menjelaskan bahwa proses pembuatan mesin pengolahan sampah organik ini menghabiskan dana sekitar 340 juta rupiah.

“Dana ini murni dari Kas desa. Dengan menandatangani MOU bersama Dr. Muchammad Sobri, S.Pt, Mp., (Inisiator bioreaktor kapal selam Desa Langse, Margorejo) jadilah mesin pengolahan sampah organik Bio Reaktor Kapal Selam ini pada sekitar tahun 2019. Memang penemuan mesin ini sangat diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah,” terangnya.

Untuk di Desa Ngemplak Kidul, lanjut Sukmono, sebenarnya dulu banyak sampah buah jeruk di area Pasar Buah. Banyak dampak yang merugikan lingkungan mulai bau busuk buah jeruk di pinggir jalan sampai pemandangan kotor lingkungan. Ini diakui sendiri oleh Kepala Desa Ngemplak Kidul yang saat ini merasa terbantu, dengan mesin Bio Reaktor “Kapal Selam” ini.

“Sebenarnya pengolahan sampah tidak hanya buah tapi juga kotoran hewan dan lainnya bisa di proses menjadi pupuk organik yang sangat baik bagi tanaman apa saja,” sambungnya.

Selain Bioreaktor kapal selam, BUMDES Kusuma Abadi juga mengelola smart irigasi, irigasi pertanian dengan memanfaatkan teknologi smartphone.

Sumber :ysf

Red- harti,Nisa,h@njateng…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed