oleh

Bupati Aceh Singkil Berikan Penghargaan Atas Masukan dan Saran oleh DPRK Aceh Singkil

Aceh Singkil agaranews.com – Penyampaian jawaban Bupati Aceh Singkil Dulmursid atas pandangan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Aceh Singkil Terhadap Rancanga Qanun (Raqan) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Singkil Tahun Anggaran 2019.

Bupati Aceh Singkil menyampaikan dalam rapat paripurna
DPR Kabupaten Aceh Singkil, yang dihadiri oleh pimpinan dan wakil pimpinan serta anggota DPR Kabupaten Aceh Singikil, Sekretaris Dewan (Sekwan), Sekretaris Daerah (Sekda), para Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), Camat dalam lingkub Kabupaten Aceh Singkil dan undangan lainnya, Kamis (02/09).

Dalam penyampaian tanggapan terhadap pandangan Dewan Dulmursid mengatakan sebelum kami menanggapi terhadap pandanga umum pada sidang paripurna terhadap penyampaian Racnangan Qanun Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBK Aceh Singkil Tahun Anggaran 2019. Kami memberikan penghargaan atas masukan dan saran yang telah diberikan dalam upaya memperbaiki kinerja Pemerintah Daerah (Pemda).Aceh Singkil pada masa yang akan datang, Kita memahami masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus kita perbaiki dan kita sikapi secara Arif dan Bijaksan kata Dulmursid.

Sementara itu Bupati menanggapi pandangan umum yang disampaikan oleh Ahmad Fadly, M.Ag Dapat kami sampaikan sebagai berikut : terang bupati
Mengenai keterlambatan penyampaian dokumen Raqan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupate Aceh Singki TA 2019. Dapat kami sampaikan bahwa :
Badan Pemeriksa Keuangngan Repoblik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Aceh menerbitkan opini atas Laporan Keuangan Pemda Aceh Singkil pada tanggal 24 Juni 2020 lalu. Atas keterlambatan ini dipengaruhi dengan Perayaan Hari-Hari Besar Nasional yaitu Hari Raya Idul Fitri 1441 H dan efek berlakunya Sistim Kerja Work From Home (WFH) Tim Auditor BPK dalam melakukan pemeriksaan terinci akibat bencana non alam yakni Covid-19 terangnya.

Sementara Pemda Aceh Singkil menyampaikan Raqan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupate Aceh Singki TA 2019, disampaikan ke DPRK Aceh Singkil dengan Surat Bupati Aceh Singkil tanggal 8 Juli 2020 lalu, kita mengetahui bersama yang bahwa batasan pembahasan sampai dengan terbitnya persetujuan bersama kepala daerah dengan DPRK sesuai Permendagri Nomor 13 tahun 2006, selama 1 (Satu) bulan. Selain dinamika dalam masa pembahasan, adanya kasus masyarakat kita yang terpapar positif Covid-19 juga sangat mempengaruhi keterlambatan ini jelas Dulmursid.

Realisasi PAD yang sangat rendah.
Pertanyaan ini sekaligus menjawab pertanyaan dari Sdri Hj. Asmawati, Sdr Yulihardin, S.Ag., dan Sdr Fairuz Akhyar, SE.
– Pajak dan Retrebusi Daerah ini masih ditemui adanya beberapa kendala. Yang antara lain :
a. Minimnya sarana prasarana dalam peningkatan Inovasi-inovasi atas dasar teknologi informasi.
b. Pendataan survei dan pengawasan terhadap pemungutan pajak daerah belum oftimal.
c. Bahwa realisasi pendapatan daerah, baik itu perencanaan maupun parameter di dalam penargetannya belum didasarkan atas potensi yang konkrit dan ril.
d. Masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak.
– Rencana kedepan, Pemda Aceh Singkil akan berupaya :
a. Akan melakukan pemutahiran data wajib pajak dan restrebusi.
b. Akan memberikan penghargaan berupa Reward kepada wajib pajak yang patuh dan tepat waktu membayar pajak.
c. Pemda Aceh Singkil akan melakukan kerjasama dengan kejaksaan negeri singkil untuk penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara sehingga penagihan piutang pajak pada Tahun-tahun sebelumnya demi tercapainya optomalisasi penerimaan daerah melalui pajak daerah.
d. Melakukan inovasi yang bersifat jemput bola untuk bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak, adapun beberapa inovasi tersebut diantaranya adalah program menuju masyarakat sadar pajak (MAMA SAPA) dan pelayanan pajak daerah keliling (PAPA DARLING).
e. Program inovasi drive THRU berupa layanan yang dised.

Reporter. (SBY)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed