oleh

Bupati Agara ,Buka Penyelenggara Bimbingan Teknis Bimtek Aparatur Desa Se Aceh Tenggara di Hotel Santika Dyandra Kota Medan

KUTACANE. Agara News com |  Bupati Agara Drs.RAIDIN Pinim, M,Ap. Buka penyelenggara Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparatur Pemerintah Desa se Aceh Tenggara, di Hotel Santika Dyandra, Jln Kapten Maulana Lubis No 07 Kota Medan Sumatera Utara, Sabtu, (17/10/2020).

Penyelenggara Bimtek yang bertema penataan kewenangan desa tersebut, diikuti oleh 330 Pemerintahan Desa  terbagi dari 3 gelombang dan 3 hari dalam 1 gelombang direncanakan dari 17 s/d 29 Oktober 2020.

Direktur Panitia Penyelenggara Bimbingan Teknis (Bimtek) Percepatan Penataan Kewenangan Desa Kabupaten Aceh Tenggara, Adil Akhyar, SH, LLM, PhD, mengatakan, Bimtek Desa ini diikuti sebanyak 330 Pemerintah Desa, terbagi ditiga gelombang dan dilaksanakan mulai dari hari sabtu 17s/d 29 Oktober 2020.

Dalam penyelenggara Bimtek gelombang pertama ini kata dia ,ke media agara News com, terdiri dari 5 Kecamatan yakni, Kecamatan Ketambe, Darul Hasanah, Badar, Deleng Pokhison dan Lawe BulanBulan.
jumlah peserta yang hadir sejumlah 440 peserta dari 110 desa, jelas nya.

Bimbingan Teknis.. (Bimtek) yang dilaksanakan ini, di pelaksanakan oleh Lembaga Pusat Studi Pengembangan Eksekutif dan Legislatif (Puskulatif). Dan dibuka oleh Bupati Aceh Tenggara, Drs. Raidin Pinim, M Ap, pada sabtu (17/10/2020).

Kata Sambutan Bupati Aceh Tenggara ,DRS, RAIDIN PINIM, M, AP mengatakan, Bimtek ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa yang mendasar dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa berpengaruh pada pola hubungan antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Desa.

Pada dasarnya ada 3 kewenangan yang diberikan kepada desa yaitu, hak asal usul, kewenangan lokak berskala desa dan kewenangan yang ditugaskan oleh Pemerintah Daerah yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku, jelas nya

Bupati juga menyaran kan ,Sebelum mengakhiri sambutan, ini, seluruh peserta , Terutama bagi kepala Desa diharapkan selama pelaksanaan Bimtek tidak ada yang berkeliaran atau memasuki tempat hiburan, jika ini diketahui akan di non aktifkan,sebagai kepala desa jelas bupati mengahirinya.

Liputan :  (Salihan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed