oleh

Diduga Kuat Kepala Desa Pengerukan Bantaran Sungai Tanpa Izin

-HEADLINE, SUMUT-30127 Kali Dibaca

Deli Serdang, Agaranews.com | Namorambe, diduga kuat ada keterlibat kepala desa dalam melancarkan aktifitas pengerukan di bantaran sungai Deli/petani yang diduga tanpa izin dan tanpa disertai dokumen resmi, ini tentunya merupakan perbuatan melanggar hukum dan berdampak terhadap kerusakkan lingkungan dan ekosistem sungai jg rusaknya biota sungai di sepanjang sungai Deli/petani.

Keberadaan pengerukan bantaran sungai tepatnya di Desa Gunung Berita, Kec. Namorambe Kab. Deli Serdang Sumatera Utara. Diduga ada main mata oleh oknum kepala Desa dalam melancarkan aksinya, terkesan ada pembiaran oleh Kepala Desa Gunung Berita

 

Pasalnya, lokasi pengerukan itu berda persis tidak jauh dari kantor desa gunung berita. DPD WALANTARA SUMUT ( Wahana Lingkungan Alam Nusantara ) di Pimpin oleh sekjen nya , M.Safri Brahmana, SH yang turun langsung meninjau ke lokasi merasa sangat perihatin dengan hal ini, mengapa seorang kepala desa melakukan pembiaran akan aktivitas yang bisa merusak kelestarian sungai Deli. Hasil amatan di lapangan masih terlihat bekas bantaran bibir sungai Deli yang di obral-abrik oleh eskavator/beko, dan M.Safri Brahmana, SH selaku sekjen walantara Sumut mengkwatirkan akan terjadi banjir bandang, melihat cuaca saat ini yg sangat extrem.

mengatakan bahwa DPW walantara sumut meminta pihak terkait agar menindak serta mengevaluasi kebijakan terkait izin tambang/galian c dikarenakan dampak kerusakan yang di timbulkan bisa merusak ekosistem sungai juga sangat memungkinkan memicu terjadinya banjir bandang, dikarekan rusaknya bantaran sungai serta pendakalan sungai akibat endaban tanah/bahan material yang hanyut oleh arus ,belum lagi dampak sosial yang di timbulkan, kami walantara akan segera melakukan penanaman pohon, kali ini akan kita tanami pohon yang menghasilkan buah di sepanjang bantaran sungai Deli.
Hal senada juga di sampaikan oleh seorang tokoh pemuda Namo Rambe yang enggan di sebut namanya ” dulu di sungai tani(Deli) ini masih jernih dan bersih air nya serta sering dan layak untuk di gunakan mencuci juga mandi…sekarang sudah sangat kuning/keruh dan membawa campuran tanah mana bisa lagi mencuci pakaian…”
Saat di konfirmasi awak media bahwa kepala Desa Gunung Berita tidak ada di kantornya.

Reporter : Rudi Brahmana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed