oleh

Diduga Pembangunan Parit, Jalan Propinsi Proyek “Siluman” Melanggar UU No 14 Tahun 2008

 

 

Tanah Karo -Agaaranews.com Pembangunan parit di Jalan Propinsi Karo-Langkat, tepatnya wilayah desa Lingga, kecamatan Simpang empat, Kabupaten Tanah Karo,Provinsi Sumatera Utara. dikerjakan tanpa ada Plank Proyek/Papan Informasi, Selasa (13/10/2020).

 

Padahal setiap pelaksanaan pembangunan yang sumber dananya dari pemerintah daerah, provinsi, maupun pusat harus menggunakan papan informasi agar masyarakat dapat ikut mengawasi dalam pelaksanaannya.

Selain itu, Pantauan wartawan ” Tidak adanya papan proyek pada pekerjaan Parit tersebut, diduga menyalahi aturan sesuai dengan Undang – undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Juga tidak sesusai dengan semangat transparansi dan keterbukaan terkait informasi pada masyarakat serta lebih-lebih bertentangan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 54 tahun 2010 dan Perpres No. 70 tahu 2012, tertuang terkait kewajiban memasang papan nama proyek. Dalam aturan Perpres mengatur regulasi setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Papan proyek gunanya memuat jenis kegiatan, berapa anggarannya, lokasi proyek, panjang x lebar, luas serta volume, waktu pelaksanaan serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek tersebut.

Proyek Drainase yang dikerjakan oleh pihak ketiga, selain tidak ada papan informasi proyek, material dan tanah bekas galian hampir separuh memakan badan jalan.
Begitu juga alat berat yang bekerja menggangu pengguna jalan akibat aktifitas penggarutan Tanah yang dilakukan.

Sehingga dikeluhkan oleh warga Pengguna Jalan yang mengaku terganggu dengan keberadaan material bangunan maupun alat berat tersebut.

“Tim Agaaranews.com saat di lapangan, menyampaikan kepada pekerja supaya plang papan informasi dipasang supaya masyarakat mengetahui jumlah anggaran dan ikut mengawasi”

Meski pelaksanaan pekerjaan sudah berlangsung lebih seminggu, sampai saat ini belum juga ditemukan adanya papan (Plank) informasi, hingga berita ini diterbitkan.

(Rianto ginting/Nando)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed