oleh

Dinas Koperasi UKM Agara Sudah Salurkan Rp 65 Miliyar dana Bantuan Kepada Penerima Manfaat

Aceh Tenggara Agaranews.com         Sesuai dengan proposal atau permohonan dari masyarakat Aceh Tenggara untuk hendak mendapatkan bantuan modal Rp.2.4 juta rupiah per orang untuk pembiayaan UMKM dari dinas Koperasi UKM setempat maka pihak dinas Koperasi UKM pun terus memfailidkan data supaya bantuan tersebut tepat sasaran kepihak penerima manfaat.

Ribuan pemohon bantuan yang sudah masuk telah diinput kemudian mekanisme dan sistem pendataan yang dilakukan oleh dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi Aceh Tenggara secara terbuka dan transparan.

Dijelaskan bahwa per tanggal 16 Desember 2020 bahwa jumlah dana Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sudah disalurkan ke pihak penerima manfaat Rp.65 Miliyar, ini data yang terakhir kita peroleh dari pihak BRI cabang Kutacane Aceh Tenggara, demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM Agara melalui Kabid UMKM Jailani kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya pada Selasa (22/12/20).

Jailani menjelaskan bahwa untuk mendapatkan bantuan ini setidaknya ada sekitar 54 Komoditas UMKM yang bisa mendapatkan bantuan modal dari pihak dinas Koperasi UKM Agara, diantaranya usaha bidang bengkel, babershop ataupun pangkas rambut, catering, driver online, fashion, jasa consultants, furniture, jasa loundry dan banyak lagi jenis usaha lainnya’ yang bisa mendapatkan bantuan UMKM modal tambahan dari dinas koperasi Aceh Tenggara. Papar Jailani.

Kemudian menyinggung bahwa pihak dinas Koperasi UKM Agara ada tudingan bahwa dalam melakukan pendataan terhadap penerimaan dana UMKM tersebut ada indikasi tidak sesuai dengan proposal usaha bidang nya ataupun percaloan maka sambung Jailani bahwa hal tersebut tidaklah benar, atau silahkan jika memang dilapangan ada informasi indikasi pungli silahkan tangkap oknum nya dan bawa keranah hukum. Tantang Jailani

Saya bisa buktikan bahwa dalam pendataan untuk mendapatkan bantuan modal usaha bidang UMKM ini bebas dari calo maupun indikasi pungutan liar, saya sangat setuju jika para oknum calo yang ada bermain di luar sepengetahuan kami untuk ditelusuri dan bagi oknum pegawai dinas koperasi ataupun ada staf saya yang bermain atau sebagai calo silakan dibuktikan dan bawa ke ranah hukum.

Sebagaimana kita mendengar bahwa akhir-akhir ini, ada dugaan praktik percaloan dalam pendataan penerima BPUM kepada UMKM mencuat bahkan issu ini kini telah menimbulkan kegaduhan di tengah kalangan masyarakat luas seolah olah pelaku nya berasal dari dinas koperasi ini. Sebut Jailani dengan kesal

“Sebab semua data yang sudah masuk ke dinas koperasi UKM Agara sudah dilakukan verifikasi, agar bantuan tepat sasaran,

Salah seorang warga yang tinggal didaerah Babussalam Aceh Tenggara sebut saja namanya, Manal Fahmi menyebutkan bahwa dirinya sebagai pedagang keliling di seputaran kota Kutacane sangat bersyukur karena bisa mendapatkan bantuan modal UMKM dari dinas koperasi setempat Rp.2.4 juta rupiah tanpa ada potongan dari pihak BRI selaku penyalur, karena uang ini untuk tambahan modal bagi usaha saya dan saya berharap supaya bantuan modal usaha ini bisa terus digulirkan untuk membantu pedagang lemah seperti saya ini. Harapannya (Kasirin SKD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed