oleh

DPRK Aceh Singkil Breharap Eksekutif Serus Tanggapi Perbaikan Lampu Jalan

Agaranews.com Laporan pandangan terhadap pengantar nota keuangan rancangan qanun (Raqan) perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Singkil tahun 2020. Rapat raqan di pimpin ketua DPRK Aceh Singkil dihadiri ketua Dewan beserta rekan-rekan Anggota Dewan, Bupati Aceh Singkil, Sekwan dan Kepala SKPK lingkup Aceh Singkil,
Rapat digelar di kanto DPRK Aceh Singkil, Kamis (24/9/20).

H. Mairaya, SH anggota dewan menyampaikan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapstan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, Rencana Keuangan Tahunan bahwa APBD adalah perubahan Pemerintah Daerah yang dibahas dan disetujui bersama antara Pemerintah Daerah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Target pendapatan dan target belanja daerah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK), tentunya mengalami perubahan-perubahan seiring dengan perjalanan waktu, dimana asumsi dasar berubah disebabkan oleh faktor intern dan eksteren. Perubahan tersebut dapat bearti bertambah dan atau berkurang atau tidak berubah,kata Mairaya.

Adapun tujuan pokok dari penyusunan Perubahan KUA P- APBK tahun 2020 adalah untuk mewujudkan harmonisasi kebijakan anggaran dengan program/kegiatan pembangunan tahun anggaran 2020, mengoptimalkan pemamfaatan anggaran dan hasil pembangunan dengan target pencapaian kinerja yang terukur serta berdampak positif dan strategis untuk mempercepat pembangunan Aceh Singkil, katanya.

Dalam hal penyusunan Perubahan APBK kita harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip efisensi, efektivitas, rasionalitas dan akuntabilitas serta implementasinya harus tetap sasaran dalam merespon kebutuhan perioritas masyarakat. Sumber-sumber pendapatan harus digali, dipertimbangkan dan segera mungkin untuk diwujudkan, pungkasnya.

Kemudian Pelaksanaan pemerintah yang didasarkan pada pelaksanaan otonomi daerah adalah memberikan sebahagian kewenangan Pemerintah Pusat terhadap pelaksanaan pemerintah daerah dengan maksud akan mempercepat proses pembangunan secara nasional, pelaksanaan pemerintah tersebut tentunya akan berhasil manakala didukung dengan program-program dan kegiatan yang dapat diimplementasikan secara tepat, papar Mairaya.

Mendapatkan partisipasi dari masyarakat, didukung dengan anggaran yang memadai, dilaksanakan secara baik, transparan, akuntabel dan berkualitas. Dari sederat rancangan pelaksanaan pembangunan daerah tentunya diikuti oleh komitmen bersama antara pelaksana pemerintah daerah yaitu antara eksekutif dan legislatif. Guna mewujudkan seluruh keinginan bersama tersebut, serta untuk melaksanakan program kegiatan tersebut, jelasnya.

Tentunya dalam fungsi dewan sebagai lembaga legislatif, budgeting, dan pengawasan menjadi hubungan yang tidak dapat dipisahkan dalam mewujudkan cita-cita bersama tersebut, sehingga mitra lembaga daerah tersebut dapat berjalan seiring seirama secara wajar dan propesional

Pendapatan Asli Daerah PAD merupakan salah satu tolak ukur kemampuan daerah dalam menyelenggarakan dan mewujudkan otonomi daerah, disamping itu juga cerminan dari kemandirian daerah. PAD meski dapat menjadi modal utama bagi penyelenggara pemerintahan dan pembangunan dari tahun ke tahun penerimaannya selalu mengalami fluktuasi, namun kondisinya belum memadai.

Laporan keuangan merupakan laporan yang terstruktur mengenai posisi keuangan dan transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan. Tujuan umum laporan keuangan adalah menyajikan informasi mengenai posisi keuangan realisasi anggaran, arus kas dan kinerja keuangan suatu entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya.

Dalam melaksanakan pemerintahan, pemerintah daerah dilengkapi dengan seperangkat kemampuan pembiayaan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, sumber-sumber dana dalam pelaksanaan pemerintahan daerah terdiri dari lain-lai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed