oleh

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Segera Kirim PCR Di RUSD GunungSitoli

Nias.agaaranews.com
25/09/2020 Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengatakan, akan segera melengkapi RSUD Gunungsitoli sebagai rujukan Covid-19 dengan sejumlah peralatan. Hal itu dikatakan Edy saat mengunjungi rumah sakit rujukan Covid-19 di Nias tersebut, Senin (21/9/2020).

Edy memastikan segera mengirimkan Polymerase Chain Reaction (PCR) lengkap, sehingga pemeriksaan swab bisa dilakukan di Gunungsitoli. “Besok saya kirimkan alat PCR,” kata Edy.

Dalam beberapa minggu terakhir, Edy mengatakan, pemeriksaan swab warga Nias yang reaktif dilakukan di Medan dengan cara mengirimkan sampel. Dengan adanya PCR di Nias, deteksi Covid-19 di Nias diharapkannya makin efektif.

Dalam memaksimalkan pelayanan kepada pasien Covid-19 terutama isolasi, Edy meminta Bupati Nias menggunakan sejumlah gedung RSUD yang telah selesai dibangun yang belum diresmikan.

“Ini keadaan darurat, gedung RSUD yang baru siap dibangun bisa digunakan walau belum diresmikan,” kata Edy.

Seperti diketahui sebelumnya, pihak RSUD Gunungsitoli mengaku kelimpungan, sebab catridge tes cepat molekuler (TCM) habis sehingga pemeriksaan harus ke Medan. Sementara peralatan seperti APD, rapid tes, ruang isolasi, ventilator hingga perawat dan dokter sangat terbatas.

jurnalistik ( FL. War )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed