oleh

Inspektorat Nias Barat Oleh Sekretaris Obedi Hulu,S.Sos.,MM Menerima Laporan BPD Desa Bawazamaiwo

 

Nias Barat,Agaranews.com ( 09/10/2020 ) BPD Desa bawozamaiwo akhirnya membuat laporan ke Inspektorat Nias Barat dan laporan tersebut dengan serius dan tanggap, sesuai dengan hasil konfirmasi media ke sekretaris inspektorat di ruang kerjanya jalan sukarno hatta nias barat.

 

Sekertaris Inspektorat Obadi Hulu, S.sos., MM memberi penjelasan bahwa laporan BPD Desa Bawazamaiwo telah diterima dan masih dalam penyelidikan. Inspektorat Nias Barat benar benar serius dan menanggapi laporan tersebut hingga akan dilakukan penyelidikan dilapangan melalui Tim khusus yang telah di hunjuk atau dipilih oleh Inspektur.

Obadi Hulu mengatakan saat ditemui oleh media di ruang kerjanya, Laporan dari BPD Desa Bawazamaiwo telah kami terima dan sedang kami proses. Sampai saat ini, tim khusus untuk permasalahan ini, pemeriksa sedang bekerja untuk menelusuri tentang aliran penggunaan Keuangan Desa dan melakukan penelitian tentang fisik secara detail sesuai dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa.

Tim pemeriksa dari Inspektorat Nias Barat telah melakukan penyelidikan dilapangan pada beberapa minggu yang lalu, namun masih belum mendapatkan dokumen yang kuat. Maka dari situ Inspektur Nias Barat kembali membentuk tim pemeriksa khusus untuk bisa mendapatkan dokumen atau bahan bukti yang kuat. Ucapnya

 

Sekretaris inspektorat juga menjelaskan bahwa, Waktu kelapangan melakukan penyelidikan atau investigasi, Tim pemeriksa tidak mendapatkan dokumen yang akurat karena pihak kades memberi alasan bahwa semua dokumen saat itu di tangan bendahara Desa. Namun bendahara yang menangani semua dokumen pada saat itu telah tutup usia, sehingga membuat Tim yang kelapangan agak susah mendapatkan bukti bukti yang kuat. Jelasnya

 

Obedi Hulu menegaskan bahwa, “Jika nanti tim pemeriksaan khusus mendapatkan temuan yang dirasa merugikan daerah atau negara maka pihak Inspektorak akan melaporkan hasilnya kepada Bupati Nias Barat dan selanjutnya akan berkordinasi dengan APH untuk penanganan lebih lanjut sesuai dengan amanah PP NO. 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelengaraan Pemerintah Daerah.

Masih sekretaris inspektorat

“Disini perlu saya tegaskan bahwa setiap yang salah tetap salah dan yang benar tetap benar. Jika ada yang salah maka Inspektorat Nias Barat tidak akan pernah membela dan melindungi”. Tegasnya

 

Sekretaris inspektorat Obadi Hulu juga berharap, Tim pemeriksa yang akan melanjutkan penyelidikan lebih lanjut kelapangan agar benar benar dan serius menjalankan tugasnya dan jangan pernah tergiur dengan sogokan. Jika tim yang kelapangan ketahuan tergiur dengan uang sogokan maka kami dari Inspektorat Nias Barat tidak segan segan untuk menindaklajutinya ke pihak Penegak Hukum. Harapnya Sekretaris Inspektorar Nias Barat.

 

Sesuai pantauan awak media bahwa Sekretaris Inspektirat Nias Barat Obadi Hulu meminta waktu 14 hari kedepan atas hasil pemeriksaan, ini merupakan keseriusan dalam menangani kasus ini.

 

Reporter : Odal Zai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed