oleh

Kapolsek Lolofitu Moi Iptu Damamoni Harefa Menghimbau Agar Umat Kristen Dalam Menyambut Hari Natal 24-25 Desember Tahun 2020 Tetap Dalam situasi Damai dan Kondusif.

Nias Barat,Agaranews.Com ( 22/12/2020) Kepala Kepolisian Sektor Lolofitu Moi dalam Hal ini Iptu Damamoni Harefa beserta personil polsek Lolofitu Moi saat media Agaranews.com mengkonfirmasikan tentang keamanan serta ketertiban,kondusif dalam menyambut perayaan Natal 24-25 Desember dan menyosong Tahun Baru 01 Januari 2021 dapat memaknai kedamaian.

Berdasarkan Hasil konfirmasi tersebut awak media Agaranews.com melihat pihak keamanan jajaran Polsek Lolofitu Moi sangat serius dan mendukung perayaan natal kali ini bagi umat Kristiani Walaupun dalam keadaan berbeda dengan tahun sebelumnya karena covid 19 protokol kesehatan membatasi ruang lingkup semangat memeriahkan kabar kedatangan sang juruslamat ini yakni Yesus Kristus.

Merajut dengan hal itu, Kapolsek Lolofitu Moi Iptu Damamoni Harefa dengan tegas mengatakan dari pihaknya wilayah hukum Polsek Lolofitu Moi selalu siap mengamankan agar terciptanya situasi yang aman. Namun bukan dalam arti melarang perayaan hari keagamaan ini ( perayaan Natal ) akan tetapi memohon kerja samanya karena kita masih berada dalam Ancaman Covid-19 atau Corona, Ujarnya.

Dalam kesempatan ini Kapolsek mengulas hasil Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Lilin Toba 2020 dlm rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di wilayah Hukum Polres Nias (Gusit, Nias, Nias Utara dan Nias Barat) dan secara khusus wilayah kecamatan Lolofitu Moi Beberapa catatan yg terkait dgn Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.
1. Agar gereja yg melaksanakan ibadah minggu, Natal dan Tahun Baru “memperketat Protokol Kesehatan”.
2. Agar setiap gereja membentuk Tim Pengamanannya dengan melibatkan pemuda gereja untuk turut mengamankan situasi di gereja masing masing krn terbatas personil Polri di Wil hukum Nias.
3. Agar melalui warta gereja diinfokan pelarangan penjualan dan pembelian serta membunyikan petasan dan sejenisnya agar tidak terganggu pelaksanaan ibadah di rumah maupun di gereja gereja.
,Demikian utk menjdi perhatian para BPMJ dan Pdt/Gr.Jem di masing² gereja, Ulasnya.

Kemudian menyikapi hal yang dimaksud Kapolsek Lolofitu Moi Menghimbau kepada Masyarakat/ Umat Agar Perayaan hari besar keagamaan ini saling menjaga keamanan dan ketertibannya yang meliput pada tujuan situasi Aman dan Kondusif. Untuk itu,pihaknya dari Polsek akan selalu melaksanakan patroli keliling serta memantau hal-hal yang mengundang gangguan ketidak nyamanan pada ibadah natal dimaksud, Tandasnya.

Hal-hal yang perlu dihindari dalam menangani keamanan pada pesta hari besar keagamaan ini antara lain kerumunan orang banyak. Kemudian alat-alat Mercun atau petasan yang membuat ketidak nyamanan, seperti kembang api yang ukurannya besar, alat petesan terbuat dari pipa. Apabila ditemukan melepasnya terutama dekat Gereja saat ibadah natal akan diberikan teguran, Tegasnya

Agar semakin memperketat pengamanan ini Kapolsek Lolofitu Moi memohon dan meminta dukungan seluruh elemen masyarakat ,aparat Desa untuk berkerja sama memberikan himbauan kepada masyarakat kita, Harapnya.

Reporter : Odal Zai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed