oleh

Keadaan Pembangunan Jalan Desa Startegis Menuju Lokasi Surving Desa Sirombu Sepanjang 165 Meter Dan Menyerap Anggaran 1 Miller Oleh Dishub Nias Barat

Nias Barat, Agaranews.Com (19/12/2020) Pembangunan jalan Desa Startegis belakang Kantor Sahabandar Sirombu menuju Lokasi Surving Desa Sirombu Kabupaten Nias Barat. Proyek tersebut ditangani oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Nias Barat dengan penyerapan Anggaran 1.046.800.100 (satu miliyar empat puluh enam juta delapan ratus ribu seratus) dengan bersumber dari DAK dari cadangan fisik tahun anggaran 2020.

Dalam pembangunan jalan Desa Startegis yakni kegiatan fisik “pengaspalan jalan sepanjang 165 Meter dengan lebar 4 meter. TPT sepanjang 200 meter timbal balik yang keseluruhannya 400 meter pengerjaan pembangunan jalan ini di kerjakan atau dilaksanakan oleh CV.ORAHU.” sehingga berdasarkan pemantauan awak media prok atau pembangunan ini diduga Mark Up dan terkesan Asal jadi. Bahka Dana sebesar 1 M dengan ukuran pembangunan tersebut dapat memberi kualitas yang baik namun kenyataannya tidak.


Sesuai hasil konfirmasi awak media kepada PPK ( Penjabat Pembuat Komitmen ) Dalam hal ini An : OLOHETA HIA, Ss.T, pada saat ditemui diruang kerjanya pada hari Kamis,17 Desember 2020. Dikawasan perkantoran terpadu Kabupaten Nias Barat. Menjelaskan bahwa proyek tersebut itu dikerjakan sesuai RAB, Bahkan bahan Materialnya dalam hal batu yang digunakan diambil dari Sungai, Dengan Nada ragu.

Seterusnya ia menjelaskan dan menyarankan kepada awak media agar menyarankan langsung kepada pihak konsultan pengawasan. Sebab merekalah lebih faham dan mengerti teknis pengerjaan jalan yang dimaksud dan apa saja bahan material yang digunakan, Ujarnya.

Kemudian berdasarkan konfirmasi kepada PPK tersebut maka awak media meneruskan konfirmasi melalui Via telpon seluler kepada CV. Cipta Karya An : TATASO DAELI,Menjelaskan; pengerjaan jalan itu sudah sesuai RAB dan pengawasan kami dilapangan. Namun kami tidak setiap hari dilapangan untuk mengawasi kegiatan pengerjaan jalan dimaksud, Jelasnya.

Lalu ia menambahkan bahwasan jika dalam pengerjaan jalan itu ada kekurangan maka yang dapat membuktikan ia atau tidak melalui pemeriksaan dilapangan. Dengan demikian, awak media mengharapkan kepada pihak terkait agar memantau keadaan pembangunan atau proyek tersebut.

Reporter : Team ( Odal Zai )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed