oleh

Lsm KPK-N Minta Inspektorat, Audit Khusus Dana Desa Buah Pala, TA 2017-2019 Tindak Lanjuti Permintaan Kejari Aceh Tenggara.

Agaranews.com Aceh Tenggara,Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Pemantau Korupsi Nusantara (KPK-N) Kabupaten Aceh Tenggara, desak Inspektorat Aceh Tenggara untuk melaksanakan audit investigasi khusus dugaan penyalahgunaan dana desa buah pala, yang dilaporkan ke Kjaksaan Negeri Kutacane, 14 Juli 2020, untuk menindak lanjuti surat permintaan Kejari.
Hal tersebut, disampaikan Ketua KPK-N Aceh Tenggara, Junaidi, Rabu ( 02/09 ), di kantor sekretariat KPK-N Jl. Pulonas Baru Kecamatan Lawe Bulan.

Adanya dugaan penyalahgunaan Dana Desa Buah Pala tahun 2017 sampai 2019 telah dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara. Maka berdasar laporan tersebut, pihak Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara merekomendasikan Bupati Aceh Tenggara Cq Inspektorat untuk melaksanakan audit dan melakukan pemeriksa terhadap pengguna anggaran dana desa buah pala.

“penyalahgunaan dana desa buah pala telah kami laporkan ke pihak kejaksaan. Maka dari itu, kami mendesak inspektorat secepatnya melaksanakan audit dan melakukan pemeriksaan terhadap pengguna anggaran dana desa buah pala sesuai surat rekomendasi kejaksaan nomor: B-1582/L.1.20/Dek.3/07/2020,” kata Junaidi, Rabu (02/09/2020).

Menurutnya, laporan telah masuk ke kejaksaan pada tanggal 14 juli 2020 dengan nomor: 82/LP/LSM.KPK-N/AGR/VII/2020. Kemudian pada tanggal 23 juli 2020 pihak kejaksaan meminta Inspektorat Aceh Tenggara untuk melakukan audit. Namun hingga saat ini, pihak inspektorat belum bertindak atau melakukan audit sebagaimana permintaan yang telah dikirim Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara, tandasnya.

Sementara itu, menurut Inspektur ABD. Kariman, S.Pd, MM melalui Ruhul Hayati, SH Inspektur Pembantu Wilayah II (Irban II) saat dikonfirmasi diruang kerjanya, mengatakan, dalam waktu dekat ini kita akan membentuk tim terkait laporan KPK-N tentang penyalahgunaan dana desa buah pala.
Dikarenakan masih ada beberapa desa lagi yang belum diselesaikan atau di audit, setelah ini kita akan turun ke desa buah pala untuk melakukan audit khusus.

(Ady,g)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed