oleh

Mohon Perhatian Polres Karo Pungli Marak Di Objek Wisata Pemandian Air Panas Desa Semangat Gunung

Karo-Sumut, Agaranews.com

Masih ingat ketika Polres Karo melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan) dan menangkap petugas Dinas Pariwisata yang melakukan pengutipan Retribusi masuk terhadap tamu Objek Wisata Pemandian Air Panas di Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo,Sumatera Utara, kini pengutipan tersebut kembali marak.

Dengan kembalinya aktivitas pengutipan tersebut justru mencoreng wajah Pariwisata Kabupaten Karo,tamu yang hendak menikmati liburan bersama keluarga di pemandian alam
Lau Sidebuk – debuk tersebut justru harus mengeluarkan kocek hingga dua kali untuk bisa masuk kearea wisata tersebut, ujar John Ginting Sekretaris Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Kabupaten Karo kepada wartawan, Kamis 03 Agustus 2020.

John Ginting menambahkan bahwa, objek wisata pemandian Air Panas Lau Sidebuk – debuk itu milik Swasta atau perorangan bukan milik Pemerintah Kabupaten Karo, “jadi dasar apa pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata melakukan Pengutipan tersebut”, ujarnya heran.

Oleh karena itu diharapkan kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Karo agar menghentikan pengutipan tersebut. Dan diharapkan juga kepada aparat Kepolisian dari Polres Karo supaya melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku pungli ini,ungkapnya.

Sementara itu ketika hal ini dikomfirmasi kepada Munarta Ginting,selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karo,pada Kamis 03 Agustus 2020 melalui WhatsApp, ia mengatakan, Pengutipan tersebut berdasarkan Perda Nomor 5 tahun 2012.

“Setiap tamu wisata yang masuk ke Area Gunung Sibayak wajib membayar uang Retribusi sebesar Rp.4000/orang, itu sesuai Perda Nomor 5 Tahun 2012, ungkap Munarta Ginting.

Lia Hambali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed