oleh

Nelayan Kuala Kereutoe B, Aceh Utara Dambakan Tempat Bersandar Kapal

Aceh Utara-(Anggaranews.com) Sejumlah muara kuala di Aceh Utara dan Aceh umumnya sejak beberapa tahun lalu hingga kini sudah sangat dangkal.

Kondisi tersebut semakin meresahkan para nelayan di Kabupaten Aceh Utara dan pesisir Aceh umumnya. Karena mereka tidak bisa melaut dan mereka menjadi pegangguran.

Seperti halnya yang terjadi di Kuala Kereutoe Barat, Kecamatan Tanah Pesisir, Kabupaten Aceh Utara dimana tempat bersandar kapal atau Boat sangat dibutuhkan oleh para nelayan di Daerah itu. Sebab, tanpa adanya tempat bersandar kapal tersebut, nelaya sangat kesulitan berlabuh ketika menghadapi cuaca buruk.

Panglima Laot Lhok. Gampong Kuala Kereutoe Barat, kecamatan Tanah Pesisir kabupaten Aceh Utara, Ismail Hasan mengatakan, para Warga Gampong kuala Kereutoe dan sekitarnya yang sehari-hari ketergantungan hidup mengharap pendapatan dan sumber Ekonomi untuk kebutuhan rumah tangga mereka adalah di Laut sebagai Nelayan dan kami para Nelayan berharap agar kondisi tersebut segera teratasi oleh Pemkab Aceh Utara. Sebab, untuk mendukung sarana melaut tidak hanya cukup dengan alat tangkap dan kapal saja, tapi juga butuh sarana sandaran kapal berlabuh.

“Ancaman nelayan adalah hujan dan badai. Kami yang hanya menggunakan alat dan kapal tradisional ketika menghadapi kondisi itu sering mengalami kesulitan, karena hujan badai bisa membuat kapal kami rusak dan terbalik saat akan bersandar ke bibir pantai,” sebut Ismail kepada anggaranews.com

Ia menjelaskan, kebutuhan tempat bersandar kapal tersebut sudah puluhan tahun Lamanya. Namun sayang, hingga saat ini keinginan itu tidak pernah terwujud.

“Jadi, kerana tidak ada solusi saat cuaca buruk, kami sering tidak melaut. Padahal, topangan ekonomi kami hanya dari hasil laut,” Tutupsnya.(Raja)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed