oleh

Penetapan Gayo Lues Sebagai Zona Merah Virus Corona Menuai Kontroversi

-COVID-19, GAYO LUES, HEADLINE-30129 Kali Dibaca

GAYO LUES, AGARANEWS  | Terkait penetapan Kabupaten Gayo Lues sebagai zona merah yang tercantum dalam Surat Edaran Gubernur Nomor: 440/7810 tentang Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman Covid19 pada kriteria zona merah dan zona hijau di Aceh tanggal 02 Juni 2020, maka tim Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Gayo Lues melakukan Konferensi Pers pada tanggal 06 Juni 2020

Syafwan Azhari, Sp.B selaku juru bicara Covid 19 Kabupaten Gayo Lues mengtakan pada Sabtu (06/06/2020) bahwa di dalam Surat Edaran Gubernur tersebut tidak ada dijelaskan tentang kriteria zona Hijau dan Zona Merah.

Untuk itu Tim Gugus Tugas Covid19 Gayo Lues menunggu penjelasan lebih lanjut tentang kiteria zonanya, ujarnya.

Sebelumnya Tim Gugus sudah pernah mengedukasi Masyarakat Gayo Lues bahwa zona merah itu adalah zona transmisi lokal dan pada saat ini tidak terjadi trasmisi lokal di Kabupaten Gayo Lues, jadi zona merah yang dimaksud oleh Gubernur mungkin berbeda dengan zona merah transmisi lokal. Untuk itu Tim Gugus Tugas masih menunggu indikator, kriteria atau penjelasan tentang zona tersebut, sebutnya.

Dia juga mengatakan bahwa yang terpenting dalam isi surat edaran gubernur tersebut adalah substansinya dimana Gayo Lues adalah Kabuapten yang termasuk harus menjalankan Protokol Kesehatan.

Selama ini Kabupaten Gayo Lues menggunakan definisi zona merah yang di tetapkan oleh WHO, dimana zona merah yang dimaksud oleh WHO adalah suatu wilayah yang terjadi lokal transmisi pada wilayah tersebut. Sehingga bila di tinjau kembali pada definisi tersebut maka Gayo Lues berada pada zona hijau, kata dr. Safwan.

Pada akhir pembicaraanya juru bicara Covid 19 Kabupaten Gayo Lues kembali mengatakan bahwa Dasar Penetapan Kabupaten Gayo Lues sebagai zona merah masih belum di ketahui karena yang menentukan zona tersebut adalah Pihak Provinsi dan apapun pertimbangan dari Provinsi kita masih menunggu keterangannya, jelasnya. (ABDIANSYAH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed