oleh

Perihal : Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Malam Pergantian Tahun Baru 2021 di Kalbar

Nasional, Agaranews.com                      Rabu tanggal 30 Desember 2020 pukul 09.15 s.d 11.25 Wib bertempat di Aula Polres Singkawang Jl. Firdaus Rais II Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang Prov. Kalbar, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Malam Pergantian Tahun Baru 2021 di Kota Singkawang.

Hadir dalam kegiatan antara lain :

1. Kapolres Singkawang AKBP Prasetyo Adhi Wibowo
2. Dandim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo
3. Danyon Raider 641/Bru Letkol Inf Kukuh Suharwiyono
4. Danyon Brimob Singkawang AKBP Arif
5. Asisten 1 Pemkot Singkawang Drs. Heri Apriadi, M.Si
6. Kadishub Kota Singkawang Bpk. Fetrus Yudha
7. Kasatool PP Kota Singkawang Drs. Karyadi
8. Sekretaris Dinkes dan kB Kota Singkawang Bpk. Zulkarni
9. Sekretaris BPBD Kota Singkawang Bpk. Kristian  Stefanus, SH
10. PJU Polres Singkawang.

Susunan acara :

1. Penayangan selayang pandang pengamanan Natal tahun 2020
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Pembacaan Doa
4. Sambutan dan paparan Kapolres Singkawang
5. Sambutan Walikota Singkawang diwakili Asisten 1 Pemkot Singkawang.
6. Sambutan Dandim 1202/Skw
7. Penyampaian Kasat Pol PP  Singkawang
8. Penyampaian Kadishub kota Singkawang
9. Penyampaian Perwakilan BPBD Kota Singkawang
10. Penyampaian perwakilam Dinkes dan KB Kota Singkawang
11. Menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Penyampaian Kapolres Singkawang, antara lain :

1. Tujuan kegiatan ini adalah untuk berdiskusi dan meminta saran terkait pengamanan dan rekayasa jalur lalu lintas pada saat malam pergantian tahun baru 2021.
2. 4 objek wisata prioritas yang sudah dilakukan pengamanan dari 3 Pilar yaitu :
a. Objek Wisata Pasir Panjang Sekartaji.
b. Objek wisata pasir panjang Pak Lotay.
c. Objek wisata Bajau Beach.
d. Objek Wisata Taman Cinta.
3. Rekayasa Lalin dilakukan untuk mengurai kemacetan bukan pelarangan ke kota Singkawang, terdapat 18 titik jalan yang kami tempatkan personil.
4. Pengamanan juga akan menggunakan Pagelaran Rantis dan Randis khusus.
5. Telah membentuk 3 tim untuk melakukan pembubaran terhadap kerumunan masyarakat diatas jam 23.00 wib apabila masih ditemukan berkumpul untuk merayakan malam pergantian tahun, adapun 3 titik tersebut sebagai berikut :
a. Vihara Tua Pekong
b. Pos Paviliun
c. Pantai Sekartaji
7. Agar personil dari Dishub dan Satpol PP dapat memback up membantu pengamanan di taman burung, lorong kenangan dan Mess daerah.
8. Sepanjang jalur dari warkop jambul sampai warkop San Keu Jong agar ditempatkan personil Dishub untuk dapat penertiban perparkiran dilokasi4 tersebut, apabila diperlukan kita sterilkan kendaraan agar tidak macet.
9. Apabila dari Satpol PP ingin melakukan penindakan di beberapa warkop yang melanggar Prokes dan kebijakan pemerintah, kami siap memback up dalam kegiatan tersebut.
10. Agar dapat meyakinkan masyarakat bahwa aturan ataupun kebijakan yang pemerintah keluarkan telah kita terapkan dan laksanakan.
11. Minta kepada Kominfo untuk mengaktifkan pengeras suara di beberapa CCTV ruas jalan untuk divunakan memghimbau pada saat pergantian malam tahun baru.

Penyampaian Asisten 1 Pemkot Singkawang, yang intinya :

1. Kami yakin Singkawang akan menjadi sasaran tujuan dari Pontianak, Sambas dan Bengkayang untuk dikunjungi.
2. Warung-warung kopi masih banyak ditemukan orang-orang yang tidak memakai masker.
3. Agar Kadishub dan Kasatpol PP membuat spanduk untuk mematuhi Prokes serta mematuhi kebijakan pemerintah agar tidak ada kegiatan perkumpulan perayaan malam tahun baru.
4. Masalah perparkiran perlu dilakukan penataan4 karena memang dibeberapa ruas jalan terjadi penyempitan sehingga menimbulkan kemacetan.
5. Berkaitan dengan Patroli Satgas Covid Pemkot telah melakukan agenda patroli.
6. Apabila diperlukan Ambulance untuk di4 standby kan dibeberapa titik pengamanan maka dari Dinkes akan menyiapkannya.
7. Agar Dishub berkoordinasi dengan Kominfo untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pada saat menjelang pergantian malam tahun baru.
8. Kami pemerintah Kota Singkawang siap bersinergi dengan TNI dan Polri dalam pengamanan malam pergantian tahun 2021.

Penyampaian Dandim 1202/Skw, antara lain :

1. Untuk pergantian malam tahun baru kali ini agak berbeda karena masa pandemi Covid 19.
2. Perlu kita bersinergi untuk menekankan kepada pelaku usaha agar dapat mematuhi kebijakan pemerintah terkait pergantian malam tahun baru.
3. Dimungkinkan karena masih adanya pemahaman bahwa pandemi Covid 19 ini tidak nyata sehingga masih banyaknya masyarakat ataupun pelaku usaha yang tidak mematuhi standar protokol kesehatan.
4. Kami di Kodim maupun satuan TNI lainnya siap bersama sama dilapangan untuk melakukan penertiban dan patroli bersama pada saat pergantian malam tahun baru 2021.

Penyampaian Kasatpol PP Kota Singkawang, antara lain :

1. Bahwa kami sebagai satgas covid 19 Pemkot Singkawang telah beberapa kali dibahas pada saat pertemuan rapat tentang penegakan hukum pelanggaran Protokol kesehatan dan kami sebelumnya telah melakukan kegiatan patroli dengan unsur instansi terkait.
2. Kami telah berupaya untuk mengingatkan kepada pelaku usaha untuk terus mematuhi Protokol kesehatan.
3. Kami telah melakukan ratusan penindakan terhadap masyarakat, pelaku usaha maupun pendatang yang berkunjung ke Kota Singkawang.
4. Memang kami pada saat ini belum ada melakukan penegakan hukum dengan memberikan sanksi nominal kepada pelaku usaha dikarenakan untuk klasifikasi usahanya masih menjadi kajian sehingga saat ini kami hanya menerapkan sanksi sosial saja.
5. Kami nantinya setelah ini akan melakukan pelibatan personil Satpol PP dalam pengamanan pergantian tahun baru 2021 di 4 titik kerumunan yang telah di paparkan oleh Kapolres Singkawang.

Kadishub Kota Singkawang, antara lain :

1. Bahwa kami juga telah berkoordinasi dengan Kasat Lantas Polres Singkawang untuk memback up pengamanan di beberapa titik pengamanan yang telah ditentukan.
2. Jumlah personil yang akan kami libatkan dari Dishub Kota Singkawang sebesar 51 personil untuk memback up pengamanan malam pergantian tahun.
3. Yang jadi perhatian adalah perpakiran di beberapa ruas jalan yang akan kami prioritaskan untuk pengamanan personil dalam menertibkan parkir kendaraan tersebut sehingga tidak mengganggu ruas jalan seperti di sekitaran Rusen dan di jalan Diponegoro.
4. Kami dari dishub siap mendukung pengamanan pergantian malam tahun baru 2021 di Kota Singkawang.

I. Penyampaian Sekretaris BPBD Kota Singkawang, antara lain :

1. Bahwa telah ditemukan virus Corona baru di Singapura yang penularannya 70 % lebih cepat bagi anak anak.
2. Adanya lampu hias di taman burung dikhawatirkan dapat menyebabkan jembatan di taman burung ambruk karena over load.
3. Kami dari BPBD siap mendukung pengamanan pergantian malam tahun baru di beberapa titik serta akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah dan Protokol kesehatan.

J. Penyampaian Sekretaris Dinkes Kota Singkawang, antara lain :

1. Kami telah men standby kan tenaga kesehatan dan mobil Ambulance di 3 titik yaitu :
– Pos pengamanan Simpang vit.
– Pos pengaman Taman Cinta.
– Pos Pengamanan pasir panjang.
2. Kami seluruh Puskesmas dan RS SeKota Singkawang telah siap untuk membantu pengamanan pada saat Natal dan menjelang pergantian malam tahun baru 2021

K. Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Malam Pergantian Tahun Baru 2021 di Kota Singkawang selesai berjalan aman dan lancar.

Kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral oleh Forkopimda dan instansi terkait Kota Singkawang tersebut dalam rangka Pengamanan malam pergantian Tahun Baru 2021 diwilayah Kota Singkawang guna mengantisipasi terjadinya AGHT dan  mencegah penyebaran Covid19 pada saat pelaksanaan perayaan pergantian tahun sehingga dalam pelaksanaannya berjalan lancar tidak terjadi kendala.

Red.HD…..

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed