oleh

PKN MENYURATI SEKDES SE-KABUPATEN NIAS ,DALAM HAL PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

-HEADLINE, NIAS-30206 Kali Dibaca

Nias.agaranews.com 17/06/2020, |  Pemantau Keuangan Negara Kabupaten Nias, telah menyurati sekretaris Desa se -Kabupaten Nias sesuai dengan instruksi Ketua Pemantau Keuangan Negara Pusat Nomor 01/INSTRUKSI/PKN/VI/2020.

Tentang perintah kepada seluruh tim PKN Kabupaten/kota untuk melaksanakan permintaan informasi tentang dana desa dan bantuan covid 19, juga berdasarkan PP No 43 Tahun 2018 tentang peran masyarakat dalam pemberantasan korupsi, UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik, Perki No 1 Tahun 2010 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Permendagri Nomor 113 dan 114 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Dana Desa, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dalam hal demikian Pemantau Keuangan Negara Kabupaten Nias mengambil bagian untuk melaksanakan instruksi Ketua PKN Pusat, dan sampai saat ini sudah 75% PKN menyurati Sekdes se-Kabupaten Nias. Tujuan PKN memohon informasi ini adalah sebagai Kontrol Sosial atau Pengawasan masyarakat pada penggunaan dan pengelolaan Dana Desa di Desa Masing -masing se Kab. Nias, dan sebagai Informasi awal dalam melaksanakan Pengawasan Publik dan peran serta membrantas Tindak Pidana Korupsi seperti yang diamanatkan PP 43 Tahun 2020.

Ketua PKN Kab. Nias Pelis Feliks Waruwu, mengatakan kepada awak media bahwa kami perlu sabar menghadapi berbagai kata-kata yang tak senonoh yg tah ada gunanya, yang hanya ingin menghancurkan perkumpulan PKN, saya tegaskan surat yang kami edarkan itu kepada Sekdes se – kabupaten Nias, kami sangat apresiasi jika dipenuhi atas surat permohonan tersebut, jika tidak juga tidak apa-apa karna kita tunggu waktu 10 hari kerja untuk menananggapi. namun jika tidak. maka kita akan melakukan gugatan kepada kepala desa. Dan seterusnya jika tidak di indahkan oleh kepala desa. Maka kita sengketan informasi di KIP.Pastinya, bagi Desa yang tak bermasalah akan dipenuhi hal tersebut. Ujarnya(TIM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed