oleh

PPK Lolofitu Moi Menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Data Pemilih Hasil Rekapitulasi Dari PPS Desa Se-Kecamatan Lolofitu Moi Kabupaten Nias Barat.

Nias Barat, Agaranews.com (03/09/2020) Setelah selesai Rekapitulasi Data pemilih tingkat Desa oleh PPS dan hasil pencoklitan dari PPDP.Maka sesuai tahapan pemilu PPK Kecamatan Lolofitu Moi melaksanakan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih hasil Pemutakhiran ( DPHP). Bertempat Aula Kantor Camat Lolofitu Moi Kabupaten Nias Barat Provinsi Sumatera Utara.

Dalam Rapat Pleno tersebut dihadiri oleh Camat,Kapolsek,Panwas,PPK,Sekretariat PPK,Staf kantor Camat dan PPS Se-Kecamatan Lolofitu Moi.

Dalam kata pembukaan oleh Kepala sekretariat PPK Mawardi Halawa mengatakan Rapat yang dilaksanakan pada saat ini yakni Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran ( DPHP) dan berdasarkan juga tahapan pemilu serentak tahun 2020 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat. Untuk itu,kepada kita semua diharapkan dapat mengikutinya sampai selesai serta terjalin hubungan kerjasama baik penyelenggara maupun pengawasan, Ucapnya.

Kemudian dalam pemaparan materi rapat pleno oleh Fanolo Waruwu ( ketua ) menyampaikan bahwasanya dasar pelaksanaan Rapat pleno terbuka rekapitulasi (DPHP) menyampaikan
1. Berdasarkan pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang perubahan ketiga PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur,Bupati dan wakil Bupati dan walikota dan wakil walikota tahun 2020.
2. Surat keputusan KPU Nias Barat No.65/PP.01.2-KPT/1225/KPU-Kab/VI/2020 bahwa jadwal Rekapitulasi Daftar Pemilihan Hasil Pemutakhiran tingkat kecamatan tanggal 02 s/d 03 September 2020.
3. Dalam pleno ini diharapkan semua PPS dapat menyampaikan dan melaporkan Hasil Rekapitulasinya dari Desa dan hasilnya tidak jauh berbeda dari pihak pengawasan melalui PKD.
4. Dalam surat undangan tercantum undangan kepada Paslon namun pihak PPK belum menyampaikannya sebab para calon belum mendaftar di KPU, Jelasnya.

Seterusnya dalam sambutan Ketua Panwascam Hezasokhi Halawa. Menyambut baik pelaksanaan Rapat Pleno terbuka pada hari ini. Berharap agar dalam menyukseskan pemilu Serentak pada tahun 2020 ini dalam hal pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Nias Barat kedua pihak ini baik badan pengawasan dan penyelenggara dapat membangun komunikasi dan kerjasama yang baik, Tuturnya.

Kemudian ditambahkan oleh Kapolsek Lolofitu Moi IPTU Damamoni Harefa mengatakan bahwasanya Tugas penyelenggara pemilu ini ibarat sebuah pertandingan jika Anda melakukan pelanggaran maka akan diberikan Pluit atau teguran dan selalu proaktif serta menjunjung tinggi asas Netralisasi.Maka dengan demikian pihak keamanan mendukung hal ini bahkan dari pihak keamanan sudah mulai bergerak bahwa merencanakan akan setiap TPS itu diturun salah seorang keamanan. Tandasnya.

Arahan dan bimbingan dari Camat Lolofitu Moi Yarely Halawa,S.Pd menyampaikan beberapa poin yakni
1.Bersyukur dapat berkumpul dalam rapat ini dengan keadaan sehat.
2. Kinerja PPS disetiap Desa patut diapresiasi dan lebih aktif lagi kedepannya untuk menyukseskan pemilu dilingkup kabupaten Nias Barat
3. Secara khusus pemerintah Kecamatan Lolofitu Moi mendukung kegiatan yang diselenggarakan baik PPK, Panwascam dan PPS
4. Untuk itu diharapkan kepada penyelenggara dan pengawasan pemilu khusus di kecamatan Lolofitu moi agar selalu berkordinasi dan sinkron dengan pemerintah Kecamatan, Tangkasnya.

Berdasarkan pemantauan awak media Agaranews.com bahwasanya pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih hasil Pemutakhiran berjalan dengan baik dan sesuai hasil diskusi bersama maka jumlah pemilih hasil Pemutakhiran secara komulatif= 6.886 ( Enam juta delapan ratus delapan puluh enam ) rincian Laki-laki berjumlah= 3.219 dan perempuan= 3.667 orang.

Reporter : Odal Zai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed