oleh

Telan Anggaran Rp5,9 Milyar, Oprit Jembatan Semadam Lawe Alas Ambrol

Aceh Tenggara, Agaranews.com – Proyek pemeliharaan jembatan simpang semadam – lawe alas senilai Rp 5,9 milyar lebih ambrol. Proyek ini masih dalam tahap penimbunan jalan pendekat yang menghubungkan konstruksi perkerasan dengan kepala jembatan.

Menurut keterangan salah seorang warga di sekitar kecamatan semadam, ambrolnya oprit jembatan itu akibat terjangan derasnya arus sungai kali alas. Peristiwa itu terjadi sejak selasa kemarin, katanya.

“Mungkin karena derasnya arus sungai alas sehingga Tembok disisi kiri dan kanan oprit jembatan itu tak kuat menahan terjangan arus sungai, bisa jadi perencanaannya juga kurang matang,” ujar warga.

Pantauan media agaranews.com dilokasi proyek oprit jembatan pada, Rabu (30/12/2020) Dimana debit air sungai kali alas terlihat tidak terlalu deras. Namun tanggul atau tembok pengamanan oprit jembatan dari terjangan arus sungai kali alas sangat minim.

Kemudian tidak ada peralihan arus sungai kali alas yang mengarah langsung ke oprit jembatan, sehingga menyebabkan stabilitas timbunan pada oprit jembatan terjadi penurunan.

Selain itu, pada papan plank informasi proyek tidak tercantum nama perusahaan konsultan pengawas selaku pengendali mutu, kwalitas dan kwantitas pekerjaan dilapangan.

proyek pemeliharaan jembatan simpang semdam – lawe alas dikerjakan kontraktor pelaksana PT Arif Pratama Konstruksi dibawah naungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Tenggara, dengan nilai cukup fantastic Rp 5,9 milyar lebih bersumber dari dana cadangan DAK reguler tahun 2020.

Bahkan, proyek tersebut telah habis masa berlaku kontrak namun pekerjaan belum sepenuhnya rampung.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Tenggara, Bakri ST tidak dapat dihubungi media ini saat hendak dimintai keterangan terkait ambrolnya oprit jembatan semadam – lawe alas atau lebih dikenal dengan sebutan jembatan pantai dona, hingga berita ini diturunkan.

HD…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed